Pemindahan Ibu kota apa bedanya?

Posted: 19 September 2010 in Semak-semak Kehidupan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

http://www.suarapembaruan.com

Baru-baru ini negeri kita sedang diguncang oleh isu pemindahan ibukota. Jakarta yang sampai sekarang  masih menjadi ibukota di kabarkan akan diganti oleh kota lain. Pasalnya kota Jakarta sudah terlalu ramai untuk digunakan sebagai pusat pemerintahan. Ini merupakan esses dari sebuah pergerakan urban masyarakat. Kita mengenal ada bedol desa; dimana masyarakat yang mendiami suatu daerah tertentu berduyun-duyun pindah ke kota di karenakan ingin mencari kehidupan yang lebih baik. Sehingga lonjakan jumlah penduduk kota semakin banyak. Jika ini tidak bisa ditangani dengan baik maka akan timbul permasalahan-permasalahan baru.

Permasalahan itu berupa kejahatan atau tindak kriminal; semakin banyak penduduk kota akan tetapi tidak di imbangi dengan lapangan pekerjaan maka munculnya pencurian, perampokan dan seterusnya. Ketika kita melihat demikian, maka di kota akan semakin bertambahnya orang-orang miskin, anak-anak yang putus sekolah, para gelandangan, dan pengemis. Perwajahan seperti dapat kita lihat di Jakarta.

Miris rasanya jika kita melihat realitasnya. Jakarta sebagai pusat pemerintahan akan tetapi di sekitarnya masih terlihat banyak sekali keterpurukan-keterpurukan. Kita juga masih belum yakin apakah isu pemindahan ibu kota itu salah satunya disebabkan oleh hal-hal di atas. Akan tetapi sekarang bukan itu yang akan kita bahas. Kita akan melihat dari aspek lain berupa  cost yang di pakai ketika memang ibu kota akan berpindah tempat. Pemindahan ibu kota Jakarta ke suatu tempat tentu bukan perkara yang mudah, apa lagi soal biaya. Tempat baru maka gedungnyapun harus baru. Pembangunan berbagai macam fasilitas-fasilitas. Bayangkan berapa banyak gedung yang harus di bangun! Belum lagi sarana dan pra sarana yang lain. Semua itu harus di lakukan jika memang Ibu kota mau dipindahkan.

Kita hanya berharap pemerintah melalui presiden bersikap bijak akan hal ini.

Iklan
Komentar
  1. antosalafy berkata:

    repot kalau jadi pindah.

  2. wahyu nurudin berkata:

    biar ganti. bosan jakarta terus. dari dulu film di Tv juga jakarta terus. nggak demokrastis. jakarta sentris dan jawa sentris. jawa udah padat penduduknya. kalau palangkaraya luas, non jawa. biar lebih merata kamajuan indonesia.

    sang pelembut hati;
    haa..haa..betul juga. palangkaraya, ehm..

  3. Catetan Kibo berkata:

    uangx dari mana yah//// aku dengar ntu isu dah lama sejak jamnx pak soekarno….
    mudah2-an loh jadi pindah gak ada lagi oknum yang maanfatin situasi….

    sang pelembut hati:
    jamanya pak soekarno dulu dah pernah pindah. betul ga?

  4. M Mursyid PW berkata:

    Memindah ibu kota hanya akan memberi peluang para koruptor semakin menggila berebut proyek untuk memperoleh kesempatan beraksi.

    sang pelembut hati:
    saya belum terpikir ke arah sana mas,haaa…haaa..betul juga.

  5. achoey berkata:

    Rencananya adalah pemindahan Pusat pemerintahan, bukan Ibu Kota
    Repot sih, tapi kalo ke Jonggol gpp biar lebih dekat 🙂

    sang pelembut hati:
    mas haris bs aja…

  6. krens1024 berkata:

    sebaiknya pindah, supaya jangan orang-orang Jawa saja yang kaya, kami di daerah timur jarang memiliki lapangan pekerjaan yang disiapkan pemerintah. Pindah lebih baik, alangkah baiknya di Makassar supaya di tengah-tengah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s