Pidato Presiden: Menyoal Hubungan RI dan Malaysia.

Posted: 1 September 2010 in Semak-semak Kehidupan

; Kita merindukan pemimpin yang berani dan tegas

Semalam (01/09) presiden republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono berpidato menanggapi ketegangan antara  RI dan Malaysia. Pidato ini berisi respon Republik ini terhadap insiden penangkapan petugas DKP oleh petugas Malaysia di wilayah kelautan RI. Peristiwa ini ditanggapi keras oleh rakyat Indonesia. Demo ganyang Malaysiapun seolah silih berganti saling bersautan dari satu daerah ke daerah lain. Tanpa terkecuali. Para pejabat yang mengaku merasa kecewa dengan ulah petugas Malaysiapun menuntut agar Pemerintah Indonesia terutama Presiden bersikap tegas terhadap peristiwa tersebut

Pidato yang berdurasi tak kurang dari 20 menit itu di nilaioleh  banyak pihak bukan sebagai jawaban. Terkesan tidak berani dan kurang tegas. Seolah-olah bangsa ini lemah di hadapan Malaysia. Jawaban yang diplomatis itu membuat rakyat Indonesia merasa kecewa.  Bisa dibilang; Pemerintahan Indonesia terkesan mengikuti apa yang di inginkan oleh Malaysia. Jelas-jelas bahwa peristiwa ini tidak terjadi hanya satu atau dua kali tapi sudah lebih dari tiga kali pemerintah Malaysia melanggar keadulatan RI. Seharusnya pemerintah RI melakukan tindakan tegas terhadap peristiwa ini.

“Rakyat ini butuh pemimpin yang tegas dan berani” mungkin kalimat itu yang sekarang di dambakan oleh bangsa ini. Sehingga sebagai bangsa yang besar harga diri bangsa ini tidak di injak-injak. tegas dalam menentukan sikap dan berani dalam mengambil keputusan. Sehingga kedaulatan bangsa ini tetap terjaga. Bagaimanapun juga jika kita melihat sejarah, bangsa ini pernah menjadi bangsa besar. Bangsa yang di akui kedaulatan dan posisinya di wilayah Asia.

Mengapa sekarang jadi bangsa yang kerdil? Yang bersikappun tidak tegas. Sekarang bangsa ini membutuhkan pemimpin yang berani dan tegas. Sampai saat ini harapan masyarakat Indonesia terhadap lahirnya pemimpin yang tegas dan berani masih menjadi PR yang berat. Akan tetapi,  Kita percaya bahwa suatu saat nanti akan lahir pemimpin-pemimpin seperti itu. Mungkin dari jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, Maluku dll. Indonesia punya potensi untuk itu. Bravo Indonesia…sakali Indonesia tetap Indonesia.

Iklan
Komentar
  1. Huang berkata:

    foto pak be ye nya cakep lagi senyum 😀

    Semalam saya juga dengar pidatonya pak be ye..

    btw mas mau nanya,, gimana cara nambahin gambar animasi yang tulisan “jangan lupa follow blog…” itu pakai flash?

    dimasukin di widget mana ya mas?

    sang pelembut hati:
    cara nambahin widget “jangan lupa Follow..”dengan mengcopy skrip widgetnya ke “text”. skripnya tinggal search aja.

  2. bolehngeblog berkata:

    pastinya, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan presiden sby dalam pidatonya…salah satunya adalah keadaan TKI di Malaysia yang jumlahnya mencapai 2 jutaan dan itu belum termasuk TKI yang ilegal..SBY mungkin takut malaysia “mengganggu” para TKI (terlebih lagi TKI Ilegal), sehingga mencoba untuk berhati-hati thd Malaysia.

    sang pelembut hati:
    benar apa yang disampaikan kang dadang. tetapi tetap saja pidato tersebut sekedar formalitas saja. agar rakyat ini percaya bahwa pemimpinnya merespon baik.

  3. Vulkanis berkata:

    Terlalu banyak pertimbangan nih bapak kita tuh

    sang pelembut hati:
    sepakat…

  4. Vulkanis berkata:

    Moga pertikaian ini diselesaikan secara damai

    sang pelembut hati:
    dengan jalan damai, mungkin menjadi salah satu laternatif penyelesaiaan.

  5. Dangstars berkata:

    Saya berharap diselesaikan secara damai aja deh

    sang pelembut hati:
    kang dadang sudah mampir. terima kasih kang.

  6. Dangstars berkata:

    Salam hangat dan damai selalu

    sang pelembut hati:
    salam hangat selalu untuk kang dadang juga.

  7. sarihunhasan berkata:

    Memang susah jadi Presiden RI.
    Saya rasa SBY sudah lebih dari lumayan.

    sang pelembut hati:
    itulah ulil amri, amanah yang berat. konsekuensinya adalah dia harus bisa menjadi tauladan dengan membuat keputusan yang tepat dan bijaksana.

  8. pelangiituaku berkata:

    halooo..
    salam kenal iah ^^
    pelangi datang berkunjung…
    yuk, silakan baca postingan pelangi berikut ini :

    http://pelangiituaku.wordpress.com/2010/08/24/welcome-to-the-next-city-2010-%E2%80%9Cjelajah-kota-depok-2010%E2%80%9D/

    jangan lupa kasih comment iahh ^^
    makasiihh

    sang pelembut hati:
    pelangi, nama yang indah. terima kasih sudah mau berkunjung.

    salam,
    pelangi itu aku

  9. Pesona Muslim berkata:

    moga kita damai saja…….jangan lupa ikutan lomba blog di web kami, semoga islam makin jaya…

    sang pelembut hati:
    amin. insyaAllah. saya coba ikutan.

  10. BAHAGiA berkata:

    jangan ada perang….
    LOVE N PEACE
    kasihan para TKI-TKW yg pd blm balik modal..
    trus sapa yg nanggung hidup mrk klo ada perang….

    sang pelembut hati:
    tapi setidaknya pemerintah memberikan jawaban yang tegas dan bijak.

  11. Pakde Cholik berkata:

    Dalam membuat pidato, presiden tentu diberi masukan oleh para menteri donk.
    Kita tunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang beradab.
    Ada aturan baku dalam hubungan internasional.
    Tegas kan tak harus dengan kalimat yang meledak-ledak.
    Suatu bangsa yang diprotes oleh bangsa lain sudah merasa malu, jadi tak harus dikerjain habis-habisan.
    Saya percaya, penyelsaian secara damai akan lebih baik bagi kedua bangsa.
    Perang juga selalu menimbulkan derita bagi kedua bangsa, terujtama masyarakat sipil.

    salam hangat dari Surabaya

    salam hangat:
    pakde dengan jawabanya sangat bijaksana. terima kasih atas kunjungannya.

  12. hanif berkata:

    Ya kita merindukan pemimpin yang tegas hingga mata dunia internasional kembali menghormati dan menghargai kita.

    sang pelembut hati;
    betul sekali mas hanif katakan, sudah lama sekali kita tidak melihat indonesia menjadi negara besar.

  13. Nisa berkata:

    siipp, jangan mau jadi bangsa yang kerdil ^^

    sang pelembut hati:
    sip…

  14. Chesya Rindu berkata:

    saya merestui saja tindakan pemimpin kita, dengan banyak restu, apapun yang tidak mungkin akan memecahkan persoalan.

    sang pelembut hati:
    amin. saya juga berharap jalan ini yang terbaik untuk bangsa ini.

  15. BAHAGiA berkata:

    drpd nunggu pemerintah n para elite politik yg gk populis,, mending kita boikot produk2 malaysia, terutama lagu2 malaysia. ntr ST 12 jg kudu diboikot cz wkt konser INDONESIA BISA, mrk menyanyikan lagu isabella.

    sang pelembut hati:
    ehm…betul juga. tapi kalo untuk boikot…

  16. NANK ISD berkata:

    Jadi Presiden itu tidak semudah membalik tangan tidak gampang kita percayakan semuanya kepada Pemerintah

    sang pelembut hati:
    benar juga…tapi itu memang sudah resikonya jadi presiden.

  17. NANK ISD berkata:

    Mari kita percayakan semua kepada Pemerintah Insya Allah akan berhasil.

    sang pelembut hati:
    mudah-mudahan ulil amri kita dapat menjadi tualadan.

  18. ceuceu berkata:

    sebagai masyarakat awam, saya ingin rasanya menyatakan perang sama malaysia, tp jika negara kita tidak memilih itu, tentu dengan banyak pertimbangan… tapi semoga saja bangsa ini bisa lebih tegas.. tidak harus perang tp tegas krn kita punya kehormatan…

    sang pelembut hati:
    memang perang bukan merupakan solusi yang terbaik.

  19. ImRoée berkata:

    Terlalu banyak tebar pesona…

    sang pelembut hati:
    haa..haa..

  20. Usup Supriyadi berkata:

    dan, beberapa sahabat saya dari Malaysia karena ulah “najis”nya LSM bendera, tidak jadi bersilaturahim ke Bogor. Sedangkan, jika saya yang harus ke Malaysia, belum bisa…. hm….mereka memiliki banyak alasan di antaranya isu sweeping…. hm….seharusnya saya memandu mereka ke kebun raya bogor….dan sebagainya….well semoga akhirnya perdamaian saja deh….

    sang pelembut hati:
    ehm

  21. Ikhsan berkata:

    Ia nih indonesia lemah skrang
    Pada pemerinthan soekarno
    Beliau sangat tegas da berani
    Walaupun berbadan kecil
    Tapi nyalinya besar
    Dulu indonesia di takuti oleh negara2 lain
    Di karnakan
    Pemimpin nya tegas berani.
    Bahkan dahulu ir.soekarno pernah menyatakan dalam pidatonya di depan semua dewan PBB. “LINGGIS inggris SETRIKA amerika.
    SKRANG KITA selaku warga negara indonesia merindukan sosok pemimpin yang tegas dan pemberani.

    sang pelembut hati:
    sepakat…tapi bagaimana mewujudkannya?

  22. ardiblogpibadi berkata:

    Berkunjunhg nih, sambil baca 2 artikelnya,,, salam kenal yah,,,,,,
    berkunjung balik yah,,s aya di ardi-lamadi.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s